Pj Bupati dan Deputi Kemenpan-RB Sidak Pelayanan Publik
Selasa, 11 Maret 2025 - 16:25 WIT Martha Rajagukguk - Papua60Detik

Papua60detik - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Otok Kuswandaru bersama Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Yonathan Demme Tangdilintin sidak pelayanan publik pada beberapa instansi di lingkup Pemkab Mimika, Selasa (11/3/2025).
Kali ini, yang menjadi sasaran kunjungan adalah Puskesmas Kwamki Narama, Publik Center 199 Kabupaten Mimika, dan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika.
Usai sidak, Otok Kuswandaru mengapresiasi pelayanan yang dilakukan sarana layanan publik yang telah dikunjungi. Secara umum, ia menilai penyelenggaraan layanan publik di Mimika sudah baik.
"Saya kira apa yang dilakukan pemerintah di Timika ini, sudah banyak perubahan iya, dan upayanya adalah fokus bagaimana masyarakat itu dilayani dengan baik," ujar Otok Kuswandaru.
Menurutnya Puskesmas Kwamki Narama sudah memiliki instalasi perawatan yang lengkap, termasuk pengelolaan dan penyimpanan obat. Sementara Publik Center 199 juga melakukan inovasi dengan memberikan pelayanan mobile dan proaktif. Demikian juga di Disdukcapil, fasilitas lengkap dan nyaman, masyarakat terlayani dengan cepat tanpa menunggu lama.
"Kata kunci dari pelayanan itu ya seperti ini. Ekosistemnya dijalin dengan baik, urutan antri sudah dapat. Ini yang harus kita pertahankan, bahwa petugas melayani dengan ramah," tambahnya.
Ia mengatakan, dalam setiap pelayanan selalu saja ada yang harus diperbaiki supaya masyarakat puas. Menurutnya, kepuasan bersifat dinamis, sehingga perlu evaluasi terus menerus.
"Mungkin hari ini puas, besok tidak puas, itu biasa. Tetapi upaya untuk memperbaiki pelayanan itu terus kita lakukan. Kalau masyarakat puas tentu akan timbul rasa percaya ke pemerintah," terangnya.
Hal sama disampaikan oleh Pj Bupati Mimika, bahwa ujung dari pelayanan publik adalah tentang kepuasan masyarakat. Sehingga dalam pelayanan publik perlu dilakukan inovasi-inovasi.
“Jadi kalau kita lakukan berbagai hal kalau masyarakat gak puas ya gimana. Kepuasan masyarakat juga kan dinamis ya, bisa dia puas bisa enggak. Tapi intinya pelayanan publik itu, kita harus lakukan berbagai inovasi,” pungkasnya. (Martha)