Evakuasi Rimbun Air, SAR Timika Bangun Posko Taktis di Sugapa

Tim SAR menuju lokasi evakuasi pesawat Rimbun Air Seri 300 Ok OTW di Sugapa, Rabu (15/9/2021). Foto: Istimewa
Tim SAR menuju lokasi evakuasi pesawat Rimbun Air Seri 300 Ok OTW di Sugapa, Rabu (15/9/2021). Foto: Istimewa


Papua60detik - Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika membangun posko taktis di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya selama proses evakuasi pesawat Rimbun Air Seri 300 PK OTW yang jatuh di Bilogai, Rabu (15/9/2021).

"Ada 10 personel yang dikerahkan. Tim membuat posko taktis untuk merespon teknis evakuasi. Kami akan informasikan lebih lanjut," kata Kepala Kantor SAR Timika George LM Randang di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Tim itu dipimpin Kepala Sub Seksi Operasional SAR bergabung dengan unsur TNI Polri di Sugapa.

"Trackingnya agak curam. Nanti perkembangan situasi seperti apa akan kami update," ujarnya sembari menunggu laporan dari tim yang dikerahkan.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, proses evakuasi juga dibantu oleh pemuda gereja.

Proses evakuasi terhadap ketiga korban yakni pilot bernama Mirza bersama co pilot Fajar dan engineering pesawat Iswahyudi masih terus dilakukan.

"Kondisi secara real baik pesawat maupun Kru Pesawat, kita masih menunggu tim sampai di TKP. Pada saat kejadian cuaca memang kurang mendukung jadi diperkirakan pesawat akan landing namun landasan tidak terlihat jelas, karena jatuhnya pesawat ini tidak terlalu jauh dengan Bandara,

Pesawat Rimbun Air Seri 300 PK OTW terbang dari Bandara Nabire menuju Sugapa. Dilaporkan hilang kontak sejak Rabu pagi sekitar pukul 07.37 WIT.

Selang beberapa jam, tepatnya pukul 11.00 WIT, terdeteksi keberadaan pesawat di Kampung Bilogai Distrik Sugapa di Ketinggian 2.400 MDPL. (Salmawati Bakri)




Bagikan :