Harga Daging Sapi Bertahan, Cabai Justru Turun

Lapak cabai di Pasar Sentral Timika. Foto: Anti Patabang/ Papua60detik
Lapak cabai di Pasar Sentral Timika. Foto: Anti Patabang/ Papua60detik


Papua60detik - 10 hari usai lebaran, harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Sentral Timika masih fluktuatif.

Cabai misalnya, yang sebelumnya diprediksi akan turun drastis usai lebaran, justru hanya turun Rp10 ribu dari Rp65 ribu menjadi Rp50-55 ribu rupiah saja. Begitupun dengan tomat yang sebelumnya Rp40 ribu kini turun menjadi Rp30 ribu.

Sementara untuk bawang merah yang sebelumnya Rp50 ribu justru naik Rp55 ribu per kilonya.

“Yang naik itu hanya bawang merah. Kita tidak tahu kenapa tapi yang pasti kita ambilnya juga sudah naik,” tutur Tiara salah seorang pedagang kepada Papua60detik.id, Kamis (12/5/2022).

Berbeda dengan cabe, tomat, dan bawang merah, bawang putih dan daging sapi beku justru tetap bertahan diharga sebelumnya yakni tomat Rp40 ribu dan daging sapi beku Rp140 ribu.

Ahmad seorang pedagang mengatakan harga daging sapi tidak turun karena pengambilannya masih mahal. Keuntungan yang didapat pedagang pun hanya sedikit yakni Rp6 ribu saja.

“Untung hanya sedikit. Kami ambil itu Rp134 ribu, jadi untung hanya Rp6 ribu satu kilo,” katanya.

Meski harga jualnya masih tetap, namun permintaan masyarakat masih tetap ada. Khususnya dari para  pengusaha rumah makan.

“Sampai saat ini masih ada permintaan. Tapi lebih banyak pas lebaran kemarin. Itu naik sekitar 30 persen dari hari biasanya,” tutupnya. (Anti)




Bagikan :