Penjualan Kembang Api & Petasan Bakal Diawasi Polisi

- Papua60Detik

Kembang api. Foto: Berke Can - Pexels.com
Kembang api. Foto: Berke Can - Pexels.com

Papua60detik – Penjualan kembang api maupun petasan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru mulai ramai di beberapa ruas jalan Kabupaten Mimika. 

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra mengingatkan setiap agen distributor yang hendak melakukan penjualan wajib mengantongi surat izin. Terdapat beberapa persyaratan terkait ukuran hingga daya letak petasan yang boleh diperjualbelikan.

Hal itu sesuai ketentuan mengenai produksi dan peredaran bunga api  yang diatur dalam Undang-Undang Bunga Api 1932, UU Darurat Nomor 12/1951 serta Peraturan kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang pengawasan, pengendalian, dan pengamanan bahan peledak komersial.

“Untuk petasan yang di luar ketentuan tidak diizinkan. Memang ada persyaratan-persyaratan tertentu, khususnya soal ukuran. Karena ini menyangkut daya ledak kembang api itu sendiri, ini yang menjadi perhatian,” ujar Kapolres saat ditemui di Mapolsek Mimika Timur, Rabu (8/12/2022) kemarin.

Ia menegaskan akan mengawasi penjualan kembang api dan petasan dengan mengecek setiap distributor.

“Memang ada beberapa yang sudah mengantongi itu (izin-red). Yang jelas, nanti kita akan lakukan pengawasan,” kata Gede Putra. (Amma)




Bagikan :