PFI Timika Jalin Kerja Sama dengan STIE JB

Penandatanganan Mou antara PFI Timika dengan STIE JB, Jumat (5/8/2022). Foto: Dok/ PFI Timika
Penandatanganan Mou antara PFI Timika dengan STIE JB, Jumat (5/8/2022). Foto: Dok/ PFI Timika


Papua60detik – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Timika menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jambatan Bulan Timika dalam memahami proses kerja fotografi jurnalistik dan peran penting Pers.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak, masing-masing oleh Ketua PFI Kota Timika Burhanuddin dan Ketua STIE JB Tharsisius Pabendon, SE, MM di Kampus STIE JB Timika, Jumat (5/8/2022).

Kedua pihak langsung merencanakan kegiatan perdana yaitu workshop fotografi jurnalistik dalam waktu dekat ini. Kegiatan ini bakal menghadirkan pemateri dari lembaga penegak hukum kaitannya dengan UU ITE.

Ketua STIE JB, Tharsisius Pabendon secara antusias menyambut kerja sama berkelanjutan tersebut. Ia menilai kerjasama ini mendukung peran perguruan tinggi yang sejalan dengan salah satu fungsi pers sebagai wahana pendidikan.

“Kami dengan bangga menyambut kerja sama ini. Tentu saja ini dapat memberi wawasan baru bagi mahasiswa, dan kebetulan di kampus kami memang ada komunitas fotografi,” kata Tharsisius.

Ketua PFI Kota Timika Burhan mengatakan, literasi media untuk cerdas dan bijak mengelola konten menjadi bagian penting dari tanggungjawab organisasi. Termasuk bagaimana memproduksi karya foto jurnalistik yang layak disiarkan kepada publik.

“Perlu diketahui juga bahwa PFI merupakan satu-satunya organisasi Pers resmi (sebagai konstituen Dewan Pers) yang berada di Timika,” kata dia.

Pewarta Foto Indonesia adalah organisasi nirlaba yang bertujuan memajukan dan melindungi kepentingan wartawan foto sebagai sebuah profesi yang terhormat, serta memperjuangkan hak-hak kebebasan pers.

Pewarta Foto Indonesia merupakan organisasi wartawan yang terdaftar di Dewan Pers melalui SK Dewan Pers nomor: 19/SK-DP/III/2020.

Selain itu, PFI juga merupakan lembaga Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berdasarkan SK Dewan Pers nomor: 24/SK-DP/IV/2022. (Joe Situmorang)




Bagikan :