Tim Futsal Papua Pastikan Tiket ke Semifinal

- Papua60Detik

Pemain Tim Futsal Papua menyanyikan lagu kebanggaan ‘Tanah Papua’ sebagai perayaan setelah menang atas Kepulauan Riau dengan skor 6-3 lawan di Venue Futsal PON Klaster Mimika, Jalan Poros SP5, Senin (27/9/2021). Foto: Humas PPM/ Sahirol
Pemain Tim Futsal Papua menyanyikan lagu kebanggaan ‘Tanah Papua’ sebagai perayaan setelah menang atas Kepulauan Riau dengan skor 6-3 lawan di Venue Futsal PON Klaster Mimika, Jalan Poros SP5, Senin (27/9/2021). Foto: Humas PPM/ Sahirol

Papua60detik – Tim Futsal Kepulauan Riau (Kepri) harus kembali menelan pil pahit dalam pertandingan lanjutan penyisihan Grup A PON XX Papua 2021. 

Kali ini tim Kepri kalah dari tuan rumah Papua dengan skor 6-3 dalam laga yang digelar di GOR Futsal PON XX Papua, SP2, Timika, Kabupaten Mimika, Senin (27/9/2021).

Dengan kemenangan ini, tim Futsal Papua memastikan satu tiket lolos ke babak semifinal. Hasil sisa satu pertandingan tidak akan mempengaruhi raihan satu tiket ke semifinal.

Sementara satu tiket sebagai runner up masih akan diperebutkan tiga tim, yaitu Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat dan Sumatera Utara yang sama sama memiliki tiga poin. 

Bermain di hadapan para suporter sendiri, tim Papua langsung unggul saat pertandingan baru berumur dua detik melalui kaki Pieter Marchelino Ireeuw.

Anak-anak Papua tak juga mengendorkan serangan. Enam menit berselang, Wendy Brian Lindrey Ick berhasil membobol gawang Kepri. Skor 2-0, Papua memimpin.

Kepri sempat menipiskan keadaan menjadi 2-1 saat Wahyu Setiawan menyelesaikan umpan manis lemparan penjaga gawang Azruari Sumantri. Namun Papua kembali menjauh setelah tendangan keras Nelson Sesa membobol gawang Azruari usai meliuk-liuk di sisi kiri pertahanan Kepri pada menit ke-12. 

Tampil beringas terus ditunjukkan Papua, hingga akhirnya Brian kembali mencetak gol untuk menambah keunggulan Papua menjadi 4-1 pada menit ke-14.

Wahyu kembali membuat Kepri mendekat setelah mencetak gol keduanya. Skor pun menjadi 4-2 bagi tuan rumah dan bertahan hingga paruh pertama usai.

Pada paruh kedua pertandingan gelombang serangan anak asuh Daud H Arim makin tak terbendung. Dua gol dilesatkan hanya dalam waktu lima menit melalui kaki Pieter Marchelino dan Fransiskus Tanu. Keunggulan Papua kembali menjauh menjadi 6-2. Hattrick Wahyu memperkecil jarak menjadi 6-3 pada delapan menit sisa laga babak kedua.

Pada sisa waktu pertandingan anak-anak Papua yang lebih banyak mengatur tempo, berkali-kali mendapat kesempatan melalui serangan balik. Begitu juga tim lawan yang terus menyerang, namun sayang keunggulan tak berubah bagi tuan rumah Papua.

Dengan hasil tersebut, tim futsal Papua kokoh di puncak grup A  dengan poin 9 dari tiga kali kemenangan. Urutan kedua ditempati Nusa Tenggara Barat (NTB) dan urutan kedua tim Kalimantan Barat dan keempat tim Sumatera Utara. Ketiga tim memiliki poin sama tiga, hanya NTB lebih baik selisih gol dibanding Kalbar dan Sumut. Dan posisi juru kunci ditempati Kepri dengan poin 0.

Dengan poin 9, Papua sudah memastikan satu tiket lolos ke babak semifinal baik sebagai juara group atau runner up dan masih menunggu pertandingan terakhir dan hasil dari 4 tim lainnya.

Hanya dengan hasil seri saja di laga keempat Papua melenggang ke semifinal sebagai juara group. Sementara 3 tim lainnya Nusa Tenggara Barat, Kalbar dan Sumut masih akan bersaing untuk lolos sebagai runner up untuk mendampingi Papua ke babak semifinal. (Burhan) 




Bagikan :