Warga Mimika Bentangkan Bendera Merah Putih 77 Meter di Jembatan Pomako

- Papua60Detik

Warga Mimika membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 77 Meter di Jembatan 2 Pomako, Rabu (17/8/2022). Foto: Amma/ Papua60detik
Warga Mimika membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 77 Meter di Jembatan 2 Pomako, Rabu (17/8/2022). Foto: Amma/ Papua60detik

Papua60detik - Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra bersama ribuan warga Mimika membentangkan bendera merah putih sepanjang 77 meter di jembatan 2 Pomako tepat di hari peringatan HUT RI ke-77, Rabu (17/8/2022).

Kapolres didampingi Danlanal Timika, iring-iringan motor dan mobil yang sudah dihiasi pernah pernik 17-an bergerak bersamaan dengan kendaraan berjumlah 770 unit dari lapangan Eks Pasar Swadaya menuju Pomako.

Semarak semakin terasa saat seluruh masyarakat bersatu. Dibuka oleh tarian seka, rombongan mulai membentangkan bendera lebar-lebar dan diarak menuju lokasi Jembatan 2. Teriakan "merdeka" menambah semangat rakyat di tengah rintik hujan. 

Setiba di  Jembatan 2, nelayan bersama Polairud Polda Papua dan jajaran Polres Mimika telah mengibarkan bendera di atas perahu yang berjumlah 17 unit.

Usai kegiatan tersebut, Kapolres beserta seluruh masyarakat sejenak mengheningkan cipta, mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

"Ini adalah bentuk kecintaan kepada bangsa dan negara. Tak terasa, kita telah merayakan kemerdekaan ini sudah 77 tahun," ujar salah satu warga, Muhamad Willi.

Kapolres mengatakan, TNI-Polri bersama elemen masyarakat yang tergabung dalam komunitas motor, mobil dan kelompok panguyuban sengaja membuat suatu hal yang baru setelah dua tahun pandemi. Katanya, kegiatan ini salah satu bentuk ekspresi rakyat.

"Kita memaknai hari ulang tahun kemerdekaan. Jadi kita ambil 77 itu (panjang bendera) sesuai usia saat ini. Dan kendaraan ada 770 juga ada karnaval perahu," ujarnya kepada Papua60detik. (Amma)




Bagikan :