60 Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jayapura di Mimika Diyudisium, Ester: Mereka Siap Kerja

Dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jayapura di Mimika usai yudisium dan pengambilan sumpah profesi, Jumat (23/9/2022). Foto: Faris/Papua60detik
Dosen dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jayapura di Mimika usai yudisium dan pengambilan sumpah profesi, Jumat (23/9/2022). Foto: Faris/Papua60detik


Papua60detik- Sebanyak 60 mahasiswa Program Studi (Prodi) DIII Keperawatan, Kebidanan dan Kesehatan lingkungan Poltekkes Kemenkes Jayapura di Mimika diyudisium dan diambil sumpah profesinya di hotel Horison Diana Timika, Jumat (23/9/2022).

Ke-60 mahasiswa tersebut terbagi atas Prodi DIII Keperawatan berjumlah 30 orang, Prodi DIII Kebidanan berjumlah 15 orang dan Prodi DIII Kesehatan Lingkungan 15 orang.

Plt Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura sekaligus Wadir III Bagian Kemahasiswaan, Ester Rumaseb berharap pemerintah daerah memanfaatkan alumni-alumninya untuk dipekerjakan di daerah-daerah yang membutuhkan tenaga kesehatan terkhusus di tiga lulusan Prodi tersebut.

"Kami berharap pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan alumni kita yang rata-rata setiap tahun sekitar 30-an orang kita tamatkan. Tetapi penyerapan di pemerintahan baik di Dinas Kesehatan ataupun pemerintahan daerah Kabupaten Mimika belum maksimal sehingga sekarang banyak mereka sampai sekarang belum mendapatkan pekerjaan," harapnya. 

Ia memastikan, mereka yang telah diyudisium memenuhi kualifikasi sebagai tenaga kesehatan sebagaimana diatur Kementerian Kesehatan. Mereka bisa langsung direkrut dan dipekerjakan di fasilitas-fasilitas kesehatan sesuai profesi kesehatannya.

"Jadi anak-anak ini telah dinyatakan lulus uji kompetensi baru mereka boleh yudisium dan diwisuda  Jadi dari pemerintah daerah sendiri kalau mau supaya pelayanan kesehatannya bisa meningkat, bisa membuka peluang untuk alumni kami terkhusus tiga jurusan yang tidak ada di tempat-tempat kesehatan di Timika ini" tutur Ester. 

Poltekkes Kemenkes Jayapura sendiri memiliki 6 jurusan dan 6 cabang yang tersebar di 6 kabupaten. Total mahasiswa aktifnya kurang lebih 3000-an. 

6 daerah yang memiliki cabang Poltekkes Jayapura adalah Kabupaten Merauke, Wamena, Yapen, Mimika, Nabire, Biak. (Faris)




Bagikan :