Cegah Korupsi, Inspektorat Sosialisasi Manajemen Risiko ke OPD

- Papua60Detik

Sosialisasi manejemen risiko bagi OPD Di lingkup Pemkab Mimika, Selasa (2/4/2024) Foto: Faris/Papua60detik
Sosialisasi manejemen risiko bagi OPD Di lingkup Pemkab Mimika, Selasa (2/4/2024) Foto: Faris/Papua60detik

Papua60detik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Inspektorat melakukan sosialisasi menajemen risiko bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (2/4/2024).

Ketua Panitia Primus Lesomar mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada pimpinan OPD, agar saat merencanakan program kegiatan di OPD masing-masing sudah harus mempertimbangkan risikonya. Salah satu risiko yang dimaksud dalam program kegiatan ialah korupsi. 

“Jadi ini supaya nanti kegiatan bisa jalan tanpa ada penyimpangan atau pelanggaran hukum. Sosialisasi ini juga mendatangkan tiga pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Papua," ungkapnya. 

Primus mengatakan penerapan manajemen risiko diharapkan mampu mengendalikan risiko organisasi sektor publik sehingga perannya dapat berjalan maksimal.

Sementra itu Asisten II  Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Mimika, Willem Naa mengatakan, manajemen risiko berfungsi untuk melakukan pengawalan bagi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Katanya, secara umum fungsi manajemen risiko digunakan sebagai dasar dalam memprediksi bahaya atau hal yang tidak menyenangkan yang akan dihadapi dengan perhitungan cermat dan matang dari berbagai informasi di awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (Faris)




Bagikan :