Dinas PUPR Mimika Susun Data Base Sumber Daya Air

- Papua60Detik

Sekretaris Dinas PUPR, Inocentius Yoga Pribadi. Foto: Faris/ Papua60detik
Sekretaris Dinas PUPR, Inocentius Yoga Pribadi. Foto: Faris/ Papua60detik

Papua60detik- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan  Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika mengadakan seminar penyusunan data base dan rencana strategis (Rentra) sumber daya air di Hotel Horizon Diana Timika, Rabu (12/10/2022)

Pengelolaan sumberdaya air termasuk di dalamnya adalah inventarisasi sebagaimana diatur di dalam pasal 25 ayat 1 peraturan pemerintah no 42 tahun 2008.

Sekretaris Dinas PUPR, Inocentius Yoga Pribadi menjelaskan salah satu bentuk inventarisasi adalah penyusunan data base berupa pemetaan yang terkomputerisasi.

"Ini juga menjadi salah satu pengarah dalam mengambil kebijakan strategis menghadapi hal-hal yang di dalamnya termasuk daya rusak air yang saat ini mengancam daerahdan masyarakat Kabupaten Mimika," jelasnya. 

Penyusunan data base sumber daya air dimulai dari tahap perencanaan data, pengumpulan data, analisis data, pemaparan hasil analysis dan hasil rencana

"Hal ini jadi penting sehingga ke depan pelaksanaan teknisnya dapat dilakukan dengan baik karna memiliki data yang akurat sehingga ketika pihak-pihak terkait dan stakoholder terkait meminta data kita mampu memberikan dengan cepat tepat dan benar. Sehingga data itu bisa menjadi daya dukung untuk melaksanakan program-program kita ke depan" kata Yoga. (Faris)




Bagikan :