Dinkes Andalkan Posbindu Tangani Penyakit Tidak Menular

Pertemuan Sosialisasi Pelayanan Posbindu Dinkes Mimika, Rabu (19/9/2021). Foto: Fachruddin Aji/Papua60detik
Pertemuan Sosialisasi Pelayanan Posbindu Dinkes Mimika, Rabu (19/9/2021). Foto: Fachruddin Aji/Papua60detik


Papua60detik - Tangani Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan Mimika mengandalkan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan Posbindu selain sebagai wadah mengetahui kondisi kesehatan juga bisa mengendalikan penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, serta jantung.

"Posbindu itu kan ada pengukuran tekanan darah, berat badan, lingkar perut, asam urat, dan kolestrol," ungkapnya saa ditemui usai disela kegiatan sosialisasi Pelayanan Posbindu di Jalan Yos Sudarso, Mimika, Rabu (15/9/2021).

Melalui Posbindu, katanya, PTM dapat dicegah dengan melakukan tiga aktivitas sehat seperti melakukan olahraga selama 15 menit, mengatur pola makan atau gizi seimbang, memakan sayuran lebih banyak dari karbohidrat, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

"Dengan pertemuan secara rutin melalui Posbindu, masyarakat diharapkan sadar akan pola hidup sehat dan mengikutinya sehingga PTM dapat dikendalikan," ujarnya.

Rey berharap para kepala kampung hingga distri dapat bekerja sama dengan Dinas Kesehatan atau Puskesmas di wilayah masing-masing melaksanakan program Posbindu.

Sementara itu, Assisten 1 Setda Mimika Yulius Sasarai mengatakan PTM menjadi ancaman yang serius dalam pembangunan, karena berpengaruh dalam kualitas hidup dan juga mengancam pertumbuhan ekonomi nasional.

Salah satu strategi dalam peningkatan pembangunan kesehatan adalah melalui pemberdayaan dan peningkatan peran masyarakat serta melibatkan sektor terkait.

"Melalui Posbindu dapat segera melakukan pencegahan secara dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM), sehingga risiko PTM dapat ditekan," tutupnya. (Fachruddin Aji)




Bagikan :