Kasus Mobil Kredit Macet Diselesaikan Lewat RJ

Kasat Reskrim Polres Merauke AKP Najamuddin. Foto: Ami/ Papua60detik
Kasat Reskrim Polres Merauke AKP Najamuddin. Foto: Ami/ Papua60detik


Papua60detik - Satuan Reskrim Polres Merauke sekitar tiga bulan lalu mengamankan sebuah minibus Daihatzu Terios silver metalik dari salah satu leasing yang akan mengirim kendaraan tersebut ke Surabaya.

Mobil tersebut kini sudah bisa diambil karena dari pihak leasing telah melengkapi surat-surat kendaraan.

“Ada petugas leasing dari perusahaan yang sudah  memperlihatkan dokumen mobil tersebut, baik itu STNK maupun BPKB,” kata Kasat Reskrim Polres Merauke AKP. Najamuddin saat di konfrimasi di Polres Merauke, Jumat (5/8/2022).

Mobil tersebut masuk dalam daftar mobil yang hilang karena kredit macet yang dialihkan ke orang lain. 

“Mobil itu sebelumnya dijual oleh seseorang dari luar Papua kepada warga di Merauke. Hanya saja, dalam beberapa saat mobil itu tercatat pembayarannya macet oleh pihak leasing dan mencari keberadaan mobil. Padahal oleh si pembeli sudah melunasi kepada si penjual yang dikenalnya” beber Najamuddin.

Seseorang yang mengaku dari mitra leasing menemukan mobil itu dan bermaksud membawanya kembali ke Jakarta. Si pembeli merasa dirugikan karena telah membayar sekitar Rp90 juta. Ia lalu lapor ke polisi dan mobil pun diamankan ke Mapolres. 

“Jadi mobil tersebut kita selesaikan secara RJ (Restorative Justice) dengan cara damai dan yang rasa dirugikan akan diselesaikan,” bebernya.

Kasat reskrim mengimbau masyarakat membeli mobil langsung di dealer resmi dan hindari membeli mobil tanpa dokumen.

“Saya akan mengimbau pihak pelabuhan apabila  ada bongkar mobil di pelabuhan untuk dicek kelengkapannya apabila masih kredit maka kita akan kerja sama dengan Lantas untuk mengeceknya,” tutupnya. (Ami)




Bagikan :