KMP Satya Kencana II Siap Layani Pelayaran Timika-Dobo
Sabtu, 10 April 2021 - 00:19 WIT Fachruddin Aji - Papua60Detik
![KMP Satya Kencana II. Foto: Fachruddin Aji/Papua60detik](https://papua60detik.id/images/productions/berita/Thumbnail Web60707093492a8.jpg)
Papua60detik - Kapal Motor Penumpang (KMP) Satya Kencana II secara resmi melayani pelayaran antar pulau dari Timika menuju Dobo dan rute sebaliknya.
"Kami mendapatkan mandat dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk dapat melayani lintas penyeberangan dari Dobo-Timika (PP), Dobo-Saumlaki dan Dobo ke sekitar kepualauan Aru," kata Direktur PT Dharma Dwipa Utama Gede Mahartha dalam kegiatan peresmian Pelayaran Timika-Dobo yang digelar di Pelabuhan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan, Pomako, Jumat (9/4/2021).
Ia menjelaskan panjang kapal KMP Satya Kencana II adalah 65,8 meter dengan lebar 13,8 meter. Dengan ukuran tersebut kapal ini bisa menampung maksimal 450 penumpang.
Selain penumpang kapal ini juga bisa menampung sebanyak 44 unit kendaran berbagai jenis.
Kapal ini telah dilengkapi peralatan navigasi, dan standar keselamatan yang telah memenuhi Safety Of Life At Sea (SOLAS) serta International Maritime Organization (IMO).
Gede menambahkan untuk rute Timika-Dobo sementara akan dilayani dua minggu satu kali dengan waktu tempuh perjalanan pulang-pergi 19 jam.
"Kapalnya sebenarnya lebih cepat tetapi kita sesuaikan dengan pasang surut perairan," katanya.
Sementara itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob meminta kapal ini konsisten berlayar agar masyarakat merasakan manfaat dari program pemerintah pusat melalui angkutan penyeberangan perintis.
KMP Satya Kencana II, katanya, melengkapi pelayanan pelayaran sabuk selatan yang menghubungkan Aceh hingga Papua. Dulu, rute Dobo- Timika pernah dilayani oleh KMP Sardinella tapi hanya sekali jalan lalu berhenti.
"Transportasi adalah urat nadi pembangunan bagi masyarakat yang dilalui oleh kapal ini, saya juga berharap masyarakat dapat menggunakan fasilitas dengan baik dan kepada fasilitator juga harus perkuat komitmen untuk terus melayani masyarakat dengan baik," tegasnya. (Fachruddin Aji)