Mendorong Papua Jadi Provinsi Olahraga

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Papua , Alex Kapisa saat memaparkan indikator Papua menjadi Provinsi Olahraga, Kamis (12/5/2022) di Timika.  Foto: Anti/ Papua60detik
Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Papua , Alex Kapisa saat memaparkan indikator Papua menjadi Provinsi Olahraga, Kamis (12/5/2022) di Timika. Foto: Anti/ Papua60detik


Papua60detik - Setelah sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraha Nasional (PON) XX di tahun 2021 lalu, Pemerintah Provinsi Papua kini berencana menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  (Dispora) Papua, Alex Kapisa mengatakan saat ini Dispora Papua telah bekerja sama dengan tim akademisi Universitas Cenderawasih (Uncen) untuk mengkaji rencana ini.

Keyakinan Pemprov menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga karena dari segi indikator sudah memenuhi syarat yakni dari sisi sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas olahraga yang memadai.

Alex menjelaskan dari sisi SDM, Papua tidak bisa diragukan lagi. Terbukti secara antropologi dari lima wilayah adat yang ada semuanya sudah memiliki karakter masing-masing. 

Ia memberi contoh, di wilayah selatan banyak potensi atlet basket dan atletik. Begitupun dengan wilayah adat lainnya. 

Sementara dari sisi fasilitas olahraga, Alex mengatakan venue olahraga PON XX yang ada sudah sangat memadai dan bahkan sudah berstandar internasional. 

“Kedua ini sudah kita miliki. Jadi kita akan terus usahan ini. Kalau Ambon sudah jadi provinsi musik karena memang di sana banyak melahirkan pemusik, maka Papua juga bisa menjadi provinsi olahraga,” tuturnya saat menghadiri kick off Papua menuju provinsi olahraga, Kamis (12/5/2022) di Hotel Horison Ultima Timika.

Ia mengatakan dari kajian tim Uncen ada 14 cabang olahraga yang bisa dikembangkan di Papua.

Namun agar hal ini bisa terjadi, Alex mengatakan harus ada regulasi seperti  pada saat PON. Ada instruksi presiden  sehingga mau tidak mau semua provinsi bisa mengikuti event empat tahunan itu.

“Makanya kita ingin harus ada regulasi untuk menetapkan Papua sebagai provinsi olahraga. Dengan sendirinya event-event yang tadinya para pengurus olahraga atau federasi masih ogah-ogahan untuk datang di Papua, tapi kalau sudah ditetapkan dengan sendirinya suka tidak suka mereka harus datang ke sini,” jelasnya.

Ia menyakini menetapkan Papua sebagai Provinsi Olahraga akan membuat orang semakin mengenal dan membuat Papua semakin berkembang. (Anti)




Bagikan :