Mimika Hentikan Aktivitas PON, Boleh Pakai Venue Tapi PB PON Harus Sewa

Venue panjat tebing Mimika yang dibangun untuk penyelenggaraan PON 2020. Foto: Dok/Papua60detik
Venue panjat tebing Mimika yang dibangun untuk penyelenggaraan PON 2020. Foto: Dok/Papua60detik


Papua60detik - Bupati Mimika yang juga Ketua PB PON Sub Mimika, Eltinus Omaleng mengambil sikap tegas dengan menghentikan segala aktifitas panitia terkait PON XX.

Sikap itu sebagai buntut sodoran anggaran dari PB PON Papua di Jayapura yang dinilai tak sesuai kebutuhan Mimika sebagai tuan rumah penyelenggara sembilan cabang olahraga.

"Jadi mulai rapat ini jangan pusingkan lagi soal PON XX, nanti setelah PB PON XX Papua benar-benar menghibahkan sesuai permintaan kebutuhan dana Klaster Mimika sekitar Rp500 M lebih itu baru kerja untuk persiapan PON XX, bisa kembali dilaksanakan di Kabupaten Mimika, tapi kalau hanya seperti kemarin itu, dana operasional sekitar Rp 78 Miliar itu untuk apa," kata Eltinus saat meminpin rapat di Sekretariat Sub PB PON Mimika, Jalan Poros SP 2 - SP 5, Senin (07/6/2021) seperti keterangan pers Humas PPM Sub PB PON Mimika.

Dengan sikap itu, Mimika tak lagi akan melayani kunjungan atau aktifitas apapun baik dari PB PON Papua maupun pemerintah pusat jika itu terkait penyelenggaraan PON.

"Kita tidak akan layani hingga adanya kepastian mengenai dana bagi penyelenggaraannya sesuai kebutuhan," tegasnya.

Sementara pengerjaan venue PON di Mimika seperti venue aeromodeling dan terbang layang tetap dilanjutkan karena telah dianggarkan. Lagi pula kata Eltinus, anggarannya bukan dari PB PON tapi dari APBD Mimika.

"Padahal ada dana sebesar dua triliun yang dimiliki PB PON XX Papua, tapi tidak pernah sampai ke Kabupaten Mimika," katanya.

Setiap OPD pun diminta bekerja seperti biasa, tidak memprioritaskan PON XX. Akibat memprioritaskan PON XX, Bappeda Mimika yang seharusnya fokus pembahasan perubahan anggaran yang harusnya sudah dilaksanakan di Mei 2021 jadi terlambat.

Bahkan kepada Dinas PUPR, Eltinus perintahkan tidak lagi berpikir lagi tentang PON XX. 

"Semua jenis tambahan-tambahan yang sempat dialokasikan dari APBD Mimika, semuanya biar ditunggu saja dari sumber dana PON XX Papua. Terus, hitung semua yang sudah dikeluarkan dari sumber dana APBD Kabupaten Mimika untuk semua jenis tambahan terkait dukungan untuk infrastruktur PON XX Papua di Klaster Mimika," perintahnya.

Aktivitas PB PON XX Sub Mimika hanya akan kembali bisa aktif apabila PB PON XX Papua telah menghibahkan dana sesuai kebutuhan real penyelenggaraan PON di Mimika.

Eltinus memberikan alternatif, jika ingin menggunakan venue yang dibangun Pemkab Mimika maka PB PON XX Papua harus membayar sewa. Itu katanya, buat menutup kerugian yang telah dialami oleh Pemkab Mimika.

"Jadi kalau memang mau sukses bersama maka semua ketersediaan infrastruktur yang sudah ada di Kabupaten Mimika harus disewakan, kalau PB PON XX Papua mau pakai silakan saja, tetapi harus menyewa," tuturnya. (Fachruddin Aji)




Bagikan :