Mimika Punya Lima Hasil Pertanian yang Bisa Diekspor

- Papua60Detik

Bimbingan akselerasi ekspor dan temu koordinasi jaringan petani nasional, Rabu (15/9/2021) di Hotel Horison Ultima Timika.     Foto: Anti Patabang/Papua60detik
Bimbingan akselerasi ekspor dan temu koordinasi jaringan petani nasional, Rabu (15/9/2021) di Hotel Horison Ultima Timika. Foto: Anti Patabang/Papua60detik

Papua60detik - Papua memang terkenal dengan kekayaan alamnya. Mulai dari pertambangan, hasil laut sampai pertanian.

Kekayaan alam ini ditemukan di setiap wilayah di Bumi Cenderawasih, seperti Mimika yang ternyata memiliki lima hasil pertanian yang berpotensi ekspor seperti gaharu, jenitri, pinang, sagu dan sarang semut.

Sayang, dari lima hasil pertanian ini, belum ada satu pun yang diekspor pengusaha. Bukan karena hasilnya sedikit, tetapi karena tidak tahu caranya dan kepada siapa  mereka akan menjualnya.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Timika, Tasrif mengatakan pengusaha pertanian Mimika tidak memiliki jaringan mencari pembeli.

“Salah satu kendalanya adalah buyer. Kedua, kurangnya tingkat pemahaman pelaku usaha. Saya ambil contoh pak Edi salah satu pengusaha yang pernah ditipu oleh pengusaha luar sehingga dia agak ragu untuk ekspor,” katanya saat ditemui usai bimbingan akselerasi ekspor dan temu koordinasi jaringan pertanian nasional, Rabu (15/9/2021) di Hotel Horison Ultima Timika.

Namun dengan dukungan dari salah satu pengusaha Mimika yang berkecimpung di luar negeri, Tasrif yakin ke depan Mimika akan perlahan melakukan ekspor.

Selain itu, Karantina Pertanian bersama instansi lainnya seperti Bea Cukai, perbankan dan juga Pemda Mimika akan ikuti mendorong dan mendampingi para pengusaha untuk mempersiapkan segala dokumen kelengkapan ekspor.

“Kami siap melakukan pembimbingan kepada pelaku usaha kita di Mimika supaya mereka bukan hanya menjual hasil produksi mereka didalam negeri terapi bisa go internasional juga,” jelasnya.

Karantina juga akan mendorong pengusaha untuk melakukan ekspor langsung dari Mimika, bukan melalui daerah lain, seperti yang telah dilakukan beberapa pengusaha di bidang kelautan.

“Kita mau perkenalkan Mimika juga di internasional. Kita juga bisa seperti mereka,” tutupnya. (Anti Patabang)




Bagikan :