Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Mimika Bersama PT Freeport Tanam 1000 Pohon

- Papua60Detik

Senior Manager Enviromental PTFI, Gesang Setyadi  secara  simbolis menanam pohon pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (5/6/2021). Foto: Istimewa
Senior Manager Enviromental PTFI, Gesang Setyadi secara simbolis menanam pohon pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu (5/6/2021). Foto: Istimewa

Papua60detik - Peringati World Environment Day (Hari Lingkungan Sedunia) Departemen Lingkungan Hidup PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika melakukan penanaman 1000 pohon.

Peringatan tersebut digelar dengan tema " Restorasi Ekosistem" di lokasi eks Pasar Lama Timika, Sabtu (5/6/2021).

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan, peringatan hari lingkungan hidup sedunia seharusnya menyadarkan seluruh warga peduli dan menjaga lingkungan.

"Lingkungan yang sehat dan bersih membutuhkan kerja sama para pemangku kepentingan. Dan itu butuh kesadaran masyarakat," kata Wabup.

Hal paling sederhana adalah membuang sampah pada waktu dan tempatnya. Masalah sampah ini tak kunjung selesai di Timika. Penerapan regulasi yang lemah dan kesadaran warga ditengarai jadi sebabnya.

Sementara itu, Senior Manager Enviromental PTFI, Gesang Setyadi mengungkapkan penanaman 1000 pohon tersebut merupakan upaya PTFI dan Pemkab Mimika memberikan kontribusi dalam mewujudkan Mimika bersih, rindang, sehat, dan indah. Disingkat "Berserih". Terutama sebagai persiapan menuju PON -XX tahun 2021 dan Pesparawi XIII.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia kata Gesang merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia.

Peringatannya dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

PBB telah mencanangkan dekade restorasi ekosistem pada 2021 hingga 2030. Pencanangan ini dimaksudkan untuk memulihkan ekosistem yang terdegradasi dan hancur untuk  memerangi krisis iklim, mencegah hilangnya satu juta spesies dan meningkatkan ketahanan pangan serta pasokan air juga mata pencaharian.

"Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, beberapa kegiatan sengaja dilakukan oleh PTFI untuk mengajak serta masyarakat serta komunitas PTFI untuk mengambil bagian  dalam menjaga ekosistem di Mimika dalam aksi nyata. Ini juga sejalan dengan komitmen PTFI dalam upaya pelestarian dan perlindungan lingkungan melalui program yang berkelanjutan," imbuhnya. (Fachruddin Aji)




Bagikan :