Sering Dikata Telat, Ini Alasan Damkar
Jumat, 27 Agustus 2021 - 20:07 WIT - Papua60Detik

Papua60detik - Petugas pemadam kebakaran kerap mendapat cibiran apabila lambat menangani kebakaran.
Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika, Yohanis Kuum mengungkap alasan hal tersebut terjadi.
Menurutnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya penanganan kebakaran, yakni minimnya SDM, armada dan fasilitas.
"SDM yang kita miliki sekarang berjumlah 38 orang, tapi ini masih sangat kurang apalagi rencana akan dibangun pos Damkar di beberapa titik seperti di Mapurujaya, Kwamki Narama dan SP12," ujarnya saat ditemui di Kantor Damkar jalan Yos Sudarso, Jumat (27/8/2021).
Dari jumlah tersebut tidak semua personel Damkar aktif bekerja karena kurangnya pakaian pelindung api. Armada yang dimiliki pun saat ini hanya berjumlah 6 unit.
"Belum lagi selang pemadam yang kita miliki ini bukan yang original. Makanya satu, dua kali pake langsung rusak, padahal kita sudah minta pengadaan selang pemadam yang original tapi yang didatangkan itu tidak ori," kata Yohanis.
"Kita juga ada minta pengadaan mobil damkar tangga (turntable tender), jujur selama ini kita kesulitan untuk memadamkan api di ketinggian. Kalau mau mengharapkan semprotan dari bawah itu sangat susah," ujarnya menambahkan.
Ditambah lagi, Damkar kerap lambat dilapori kejadian kebakaran. Jika terjadi musibah kebakaran, ia berharap warga secepatnya menelpon ke call center Damkar 0901-3273-643. Petugas selalu stand by 24 jam.
"Kebiasaan masyarakat ketika melihat armada Damkar melaju dengan membunyikan sirene darurat tetap tidak memberikan ruang kepada petugas untuk lewat. Ini juga disayangkan," imbuhnya. (Salmawati Bakri)