Tangani Teroris, BNPT Utamakan Pendekatan Lunak

Kepala BNPT Indonesia Boy Rafli Amar dan Bupati Mimika usai dialog di Timika, Jumat (11/6/2021). Foto : Fachruddin Aji/Papua60detik
Kepala BNPT Indonesia Boy Rafli Amar dan Bupati Mimika usai dialog di Timika, Jumat (11/6/2021). Foto : Fachruddin Aji/Papua60detik


Papua60detik - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) masih akan menggunakan pendekatan lunak dalam penanganan terorisme.

Hal itu diungkapkan Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar usai dialog tertutup di Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (11/6/2021).

Boy menjelaskan pemerintah saat ini berusaha memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan mencegah, sekaligus menghentikan kekerasan. Upaya ini direalisasikan melalui pendekatan lunak dengan pembangunan kesejahteraan agar masyarakat merasakan kehadiran dan kepedulian negara.

"Yang bisa kami lakukan untuk membangun kesejahteraan mereka yang merasa termarjinalkan adalah dengan melakukan pembangunan fisik dan non fisik, juga membangun nilai-nilai kebangsaan yang belum ada," jelasnya.

Selain itu, pendekatan kultural menurut Boy penting dilakukan bagi masyarakat Papua yang masih sangat kental dengan unsur budaya dan adatnya.

Pada aspek itu katanya, peran tokoh adat jadi  sangat penting dalam meredam konflik, memberikan pemahaman dan pengertian terhadap nilai yang arif dalam kehidupan bermasyarakat.

Boy menegaskan upaya menciptakan perdamaian ini harus didukung oleh seluruh komponen negeri dari pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat.

Maka dari itu, Ia mendorong unsur pemerintah dan masyarakat di Papua mendongkrak kecintaan masyarakat terhadap negeri. Dengan begitu, proses pembangunan di tanah Papua dapat terselenggara dengan baik dan membawa manfaat bagi masyarakat.

"Mari kita hantarkan masyarakat Papua jadi aman dan damai untuk melahirkan

kesejahteraan," tutupnya. (Fachruddin Aji)




Bagikan :