30 Pegawai RSMM Isoman, Pelayanan Tetap Normal

Direktur RSMM, dr Joni Ribo Tandisau.   Foto: Anti Patabang/Papua60detik
Direktur RSMM, dr Joni Ribo Tandisau. Foto: Anti Patabang/Papua60detik


Papua60detik - Sebanyak 30 pegawai Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) sedang terpapar covid-19. 14 orang di antaranya adalah tenaga kesehatan (nakes). Mereka sementara menjalani isolasi mandiri (isoman).

Sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi covid-19, mereka yang bekerja di rumahsakit  terutama nakes memang sangat rentan ikut terpapar. Merekalah yang berhadapan langsung dengan virus mematikan ini.

Meski 30 pegawainya sedang isoman, Direktur RSMM, dr Joni Ribo Tandisau memastikan pelayanan kepada warga tetap berjalan normal seperti biasa. Jadwal pelayanan pun tidak berubah, pelayanan persalinan tetap dibuka.

“Semuanya masih berjalan normal. Tapi kita tidak tahu ke depan. Mudah-mudahan tidak tambah banyak. Tapi untuk sementara kami tetap pelayanan seperti biasa,” katanya saat ditemui di halaman RSMM, Selasa (20/7/2021).

Per tanggal 20 Juli, RSMM merawat 24 pasien covid-19. 14 di antaranya kategori tiga yang bermakna mengalami gejala sedang sampai berat. Sisanya, 10 orang peasien hanya gejala ringan. Tempat tidur RSMM untuk pasien covid-19 kini tersisa 6.

“Kemarin ada yang meninggal 1 orang, tadi pagi ada 2 dan sebelumnya ada 1. Jadi total pasien covid-19 yang meninggal di RSMM sudah ada 4 orang selama bulan Juli 2021,” ungkapnya.

Melihat frekuensi pasien yang begitu tinggi, kemungkinan lanjut dr Joni sudah ada varian delta di Timika. Sayang mesin PCR tidak bisa mendeteksinya. Untuk memastikannya, pemeriksaan sampel harus dilakukan di Litbangkes Jayapura dan Jakarta.

“Kita tidak bisa (memastikan varian delta) di Timika, jadi sementara ini kita masih menganggap bahwa yang sementara jalan selama ini (varian lama),” jelasnya. (Anti Patabang)




Bagikan :