44 Pasien Covid-19 Dirawat di RS Tembagapura

Rumah Sakit Tembagapura. Foto: Dok/Papua60detik
Rumah Sakit Tembagapura. Foto: Dok/Papua60detik


Papua60detik - Sebanyak 44 pasien covid-19 sedang dirawat di Rumah Sakit Tembagapura milik PT Freeport Indonesia. Semenatara Klinik Kuala Kencana merawat 11 pasien covid-19.

"Tiga dari 44 pasien di RS Tembagapura itu kritis. Yang di Klinik Kuala masih stabil," kata Vice President Government Relations PTFI, Johnny Lingga, Rabu (21/7/2021).

Bed Occupation Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit dan klinik PTFI kini sudah di angka 60 persen. Kabar buruk lainnya, ketersediaan oksigen makin menipis.

Kabar baiknya, Manajemen PTFI berhasil mengkonversi pabrik oksigen industri jadi oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit miliknya dan rumah sakit pemerintah.

"Sudah berhasil. Rencananya pabrik oksigen itu di Kuala," kata Lingga.

Kasus aktif covid-19 di lingkungan PTFI berdasarkan hasil tes usap PCR per 20 Juli 2021 sebanyak 99 kasus. Sementara yang ditemukan dari test antigen sekitar 900an kasus.

"Karyawan yang antigen reaktif itu kita anggap sebagai kasus positif," katanya.

Mereka yang tanpa gejala sampai gejala sedang kebanyakan diisolasi di barak-barak seperti di Tembagapura dan Mile 38. Sebagian lagi isolasi mandiri di rumah masing-masing. (Fachruddin Aji)




Bagikan :