Pemprov Sarankan Venue Olahraga Pasca PON Dikelola Pihak Ketiga

- Papua60Detik

Venue panjat tebing Mimika. Foto: Dok/ Papua60detik
Venue panjat tebing Mimika. Foto: Dok/ Papua60detik

Papua60detik - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua segera menghibahkan seluruh fasilitas olahraga baik venue dan peralatan olahraga  kepada Pemkab Mimika.

Hibah ini direncanakan di bulan Mei ini, sehingga Pemkab sebagai penerima diminta segera membentuk tim.

“Karena kita ketahui bahwa proses hibah ini membutuhan langkah-langkah adminsitrasi yang harus disiapkan oleh pihak penerima manfaat akhir dalam hal ini Pemda Mimika,” kata Kepala Dispora Papua, Alex Kapisa saat berkunjung ke Timika, Kamis (12/5/2022).

Peralatan olahraga yang akan dihibahkan adalah yang venuenya ada di Mimika, yang tidak ada akan ditarik kembali karena tidak memiliki tempat penyimpanan seperti judo dan tarung derajat. 

Meski akan dihibahkan, Alex berpesan agar Pemda Mimika bisa membentuk BUMD untuk pengelola venue berikut peralatannya. 

“Tidak bisa pemerintah yang kelola, nanti kacau balau. Bukan dari sisi tata kelolanya tapi dari sisi administrasinya. Harus tunggu APBD dulu,” tuturnya.

Ia menjelaskan merawat venue harus seperti merawat bayi. Harus cermat, dicek setiap saat dan kebersihannya harus diperhatikan.

“Jadi memang harus pihak ketiga. Saya harap ini harus menjadi pertimbangan Pemda Mimika mengingat venue yang ada ini sudah berstandar internasional,” tutupnya. (Anti)




Bagikan :