PIN Polio di Mimika Sudah Capai 45,6 Persen

- Papua60Detik

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Fransiska Tekege. Foto: Martha/Papua60detik
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Fransiska Tekege. Foto: Martha/Papua60detik

Papua60detik - Imunisasi polio di Kabupaten Mimika telah menjangkau 25.601 anak atau mencapai angka 45,6 persen sampai Minggu 9 Juni kemarin.

"Sejauh ini, tidak ada penolakan dari masyarakat karena kami pakai istilah imunisasi bukan vaksin," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Fransiska Tekege saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/06/2024).

Fransiska mengungkapkan Kementerian Kesehatan memberikan target pada Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, yaitu 95 persen dari total 55.570 anak untuk diimunisasi.

Adapun, target imunisasi terbanyak berada di wilayah kota yakni tersebar di 10 Puskesmas dengan jumlah yang sekitar 40.000 anak. Sisanya berada di luar wilayah Kota Timika.

Farnsiska mengaku selalu ada tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan PIN Polio, misalnya faktor geografis, pesisir dan pegunungan. 

Untuk meminimalisir kerusakan vaksin imunisasi petugas kesehatan menyiasati keadaan.  Misalnya, di daerah pegunungan, Puskesmas setempat mengumpulkan semua anak di suatu tempat untuk diimunisasi serentak.

"Di daerah gunung, kan, kita harus jalan kaki lagi, makanya kita kumpulkan di satu titik saja. Kalau daerah pantai enak, speed boatnya bisa langsung menuju lokasi," terangnya. 

Ia menyebut, dalam pelaksanaan Imunisasi di wilayah kota, Dinkes juga menggandeng Dinas Pendidikan untuk mempercepat pemberian imunisasi. (Martha)




Bagikan :