PPKM Diperketat, Waterpauw Ingatkan Para Tokoh Tidak Berikan Contoh Buruk

- Papua60Detik

Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw. Foto: Salmawati Bakri/Papua60detik
Kabaintelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw. Foto: Salmawati Bakri/Papua60detik

Papua60detik - Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw meminta Pemerintah Daerah Papua khususnya tiga wilayah yang menerapkan PPKM level 4 yakni Jayapura, Merauke dan mimika tidak kendor menangani pandemi covid-19.

Selain itu, ia mengingatkan kepada tokoh masyarakat memberikan contoh baik dengan mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah dalam hal percepatan vaksinasi.

Ia menyampaikan hal tersebut sebagai tanggapan surat Bupati Mimika, Eltinus Omaleng melalui Gubernur Papua ke Presidn Joko Widodo mengenai situasi pandemi yang sulit untuk terlaksanya PON XX Papua.

"Bupati sempat mengeluarkan surat. Itu bentuk ungkapan fakta bahwa sekeliling terutama masyarakat lokal yang akan menjadi penoton belum mau divaksin akibat pengaruh tokoh-tokoh itu sendiri. Para tokoh seharusnya mendukung," ujar Paulus saat ditemui di terminal bandara baru Mozes Kilangin, Kamis (5/8/2021).

Mantan Kapolda Papua itu menegaskan, PON XX Papua merupakan hajatan nasional yang harus dilaksanakan dengan sukses dan aman.

"Akan ditindaklanjuti, jadi agar kiranya menyampaikan kepada para tokoh untuk mendukung kebijakan itu. Ini marwah negara jadi PON harus sukses tidak boleh ditunda. Vaksin itu penting untuk imunitas diri sendiri, keselamatan dan menjaga orang lain," tambahnya.

Mewakili Polri, ia juga mengimbau kepada Pemkab Mimika memberdayakan pos-pos mulai dari tingkat kelurahan dan kampung pada masa PPKM level 4 ini.

"Dengan melibatkan perangkatnya, Babinkamtibmas dan Babinsa. Selain itu juga perlu memperkuat pelaksanaan tracing, testing dan treatment (3T)," kata Waterpauw. (Salmawati Bakri)




Bagikan :