Tak Ada Penerbangan Komersil, Warga Yahukimo Naik Hercules

- Papua60Detik

Ratusan warga di Yahukimo berangkat ke Jayapura menggunakan pesawat udara Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU, Kamis (16/3/2023) siang kemarin. Foto: Humas Polda Papua
Ratusan warga di Yahukimo berangkat ke Jayapura menggunakan pesawat udara Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU, Kamis (16/3/2023) siang kemarin. Foto: Humas Polda Papua

Papua60detik – Tidak beroperasinya pesawat komersil pasca rentetan kejadian di Yahukimo membuat warga yang seharusnya berangkat karena keperluan pribadi, keluarga atau dinas menjadi terhambat.

Kamis (16/3/2023) siang kemarin, sebanyak 261 warga di Yahukimo berangkat ke Jayapura menggunakan pesawat udara Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol menjelaskan, warga yang berangkat ini bukan karena takut akibat peristiwa yang terus terjadi di Yahukimo. Mereka berangkat karena keperluan yang tertunda sehingga memanfaatkan kesempatan dengan pesawat Hercules.

“Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga bernama Bur, dirinya berangkat karena akikahan anaknya di Makassar yang dimana seharusnya berangkat pada hari Minggu lalu, namun karena tidak ada pesawat ke Yahukimo jadinya tertunda sehingga ini merupakan kesempatannya untuk berangkat,” kata Kabid Humas dalam rilis tertulisnya.

Ia mengatakan, yang berangkat bukan warga pendatang saja. Warga asli Yahukimo juga sebagian berangkat. 

“Tidak semua warga meninggalkan Kota Dekai karena takut dengan adanya situasi keamanan, tetapi mereka memang ada urusan yang perlu diselesaikan sehingga menunggu pesawat Hercules sebagai moda transportasi udara,” jelasnya.

Soal keamanan di Yahukimo, Benny mengatakan, Polda Papua telah menambahkan personel untuk membackup Polres Yahukimo dalam pemulihan kamtibmas pasca sejumlah kejadian.

“Sebanyak 40 personel Brimob serta 20 personel TNI telah tiba di Yahukimo dari Jayapura dan Timika hari ini untuk penambahan perkuatan dengan menggunakan pesawat Hercules dan kemudian pesawat tersebut ditumpangi oleh masyarakat Yahukimo untuk turun ke Jayapura,” katanya. (Burhan)




Bagikan :