Tak Sampai Sejam, Semua Penumpang Pesawat Susi Air Berhasil Dievakuasi

Tim SAR Gabungan Timika bersama warga  megevakuasi korban kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 PK-BVM di Duma, Kamis (23/6/2022) pagi. Foto: Humas SAR Timika
Tim SAR Gabungan Timika bersama warga megevakuasi korban kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 PK-BVM di Duma, Kamis (23/6/2022) pagi. Foto: Humas SAR Timika


Papua60detik - Tak sampai satu jam, Tim SAR Gabungan Timika berhasil mengevakuasi penumpang pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 PK-BVM yang mengalami kecelakaan pada rute penerbangan Duma - Timika, Kamis (23/6/2022) pagi.

Lima penumpang dievakuasi ke Bandara Mozes Kilangin Timika dengan helikopter caracal TNI AU dan langsung dijemput ambulans ke RSUD Mimika. Sementara dua penumpang lainnya memilih tinggal di Duma.

Danlanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Slamet S mengatakan, tim sudah menyiapkan evakuasi lewat udara, tapi ternyata warga sudah mengevakuasi tujuh penumpang ke sekitar pemukiman.

"Di tempat itu kita bisa daratkan helikopter tanpa harus gunakan tali. Dan alhamdulillah semua selamat meskipun ada yang kondisinya cukup parah. Ada yang patah kaki, patah tangan, sobek di kepala. Jadi mereka memang butuh evakuasi segera," kata Slamet.

Posisi jatuhnya pesawat di lembah, ketinggian sekitar 5.000 kaki. Warga kemudian mengevakusi para korban ke sekitar pemukiman yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari titik jatuhnya pesawat.

"Saya sangat salut warga di sana. Mereka kibarkan merah putih dan asap untuk tanda di mana kita evakuasi. Warga di sana sangat mensupport," kata Slamet.

Soal penyebab kecelakaan pesawat menjadi kewenangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pencarian kotak hitam menunggu koordinasi KNKT. Evakuasi pada Kamis diprioritaskan terhadap para korban.

"Semua bisa bersinergi. Kita utamakan evakuasi korban, ada yang pendarahan. Masyarakat di sana juga sangat membantu. Tim rescue dan Paskhas tinggal ambil, kurang lebih 50 menit sudah tiba di bandara," jelas Kepala Kantor SAR Timika, George LM Randang.

Pesawat tersebut membawa 7 penumpang termasuk pilot. Terbang dari Bandara Mozes Kilangin Timika pada pukul 05.34 WIT dan dijadwalkan tiba di Timika pada pukul 08.00 WIT.

Pilot pesawat tersebut adalah WNA Afrika selatan bernama Capt Dayle Peter. Adapun nama penumpangnya yaitu Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu dan Lukas Dimbau. (Burhan)




Bagikan :