5oyjYWANSEA
Sebulan Internet Gangguan, Mahasiswa Merauke Turun ke Jalan
Bagikan :

Papua60detik - Ratusan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Merauke berunjuk rasa di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Papua pada Senin (28/4/2022).

Mahasiswa meminta pemerintah setempat untuk mendesak PT Telkom segera memulihkan jaringan internet.

Internet di Merauke terganggu sejak 26 Maret 2022. Akibatnya aktifitas ekonomi sampai pelayanan publik terganggu.

"Dampaknya terhadap pelayanan pendidikan, ekonomi, sosial dan lainnya. Karenanya kami menuntut PT Telkom untuk segera memulihkannya," kata Korlap Aliansi Mahasiswa Merauke, Mario.

Selain menuntut pemulihan internet, mahasiswa juga meminta penambahan layanan V-Sat, pemberian kompensasi kepada masyarakat oleh PT Telkom dan penguatan infrastruktur telekomunikasi di Merauke.

Senentara itu, Kepala Teknik PT Telkom Merauke, Dion Samderubun mengungkapkan persoalan jaringan internet di Merauke disebabkan gangguan kabel optik di bawah laut rute Timika-Merauke.

PT Telkom tengah berupaya memperbaikinya dengan mendatangkan beberapa kapal khusus maintenance jaringan kabel optik dari negara luar.

"Informasi terakhir kapal masih di Batam, sedang mengurus administrasi masuk perairan Indonesia. Setelah itu kapal ini akan menuju Merauke," kata Dion. (Eman Riberu)


Video Terbaru