IRT di Merauke Ikut Bimtek P2L

Pembukaan Bimtek P2L oleh Sekda Merauke Ruslan Ramli. Foto: Ami/ Papua60detik
Pembukaan Bimtek P2L oleh Sekda Merauke Ruslan Ramli. Foto: Ami/ Papua60detik


Papua60detik -  Sekda Kabupaten Merauke Ruslan Ramli membuka bimbingan teknis pekarangan pangan lestari ( P2L ) yang di laksanakan oleh kementrian pertanian Republik Indonesia berkerjasama  dengan Anggota DPR RI Sulaeman L Hamzah, Di aula Halogen Hotel Merauke, Jumat (23/9/2022).

Dikatakan Sulaeman L Hamzah, Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama dengan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan. 

Kabupaten Merauke yang di canangkan sebagai lumbung pangan sehingga dari kementrian pusat selalu memprogramkan kegiatan- kegiatan pertanian yang akan dikawal langsung oleh DPR RI khususnua di komisi IV . 

“Untuk semua program kegiatan dari kementerian  harus sukses sehingga  setiap tahunya akan ada reses yang akan menyerap langsung aspirasi masyarakat untuk di programkan.” ujarnya.

Sementara itu, Sekda menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya bimtek ini, karena melalui bimtek P2L ini membantu pemerintah daerah dalam menekan laju infasi, selain itu  P2L dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

“ Saya juga telah memanfaatkan pakarang rumah saya untuk menanam sayur- sayur dan secara tidak langsung dalam membantu peningkatan gizi, kalau saya mah makan tinggal petik saja “ ujar Rusalan Ramli.

Untuk diketahui P2L dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan atau pemantapan daerah tahan pangan.  (Ami)




Bagikan :