KKP Merauke Jemput Bola Sediakan Vaksin Boster Bagi Calon Penumpang Pesawat

Penumpang Pesawat di Bandara Mopah Merauke, Rabu (23/11/2022). Foto : Ami / Papua60detik
Penumpang Pesawat di Bandara Mopah Merauke, Rabu (23/11/2022). Foto : Ami / Papua60detik


Papua60detik- Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Merauke  melakukan pelayanan jemput bola bagi calon penumpang pesawat yang hendak berangkat, namun belum mendapat vaksin booster I, dengan membuka layanan mulai Senin hingga Jumat. 

Koordinator Substansi Pengendalian Karantina dan Surveilans Evidemiologi KKP Kelas III Merauke, Delifour Hutagaol mengemukakan hal tersebut sangat membantu para penumpang yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir ini. Vaksin sendiri didapat dari Dinkes. Kalau pun kosong, akan diminta ke pusat.

“Untuk saat ini vaksin masih tersedia hingga besok. Besok (hari ini,red), habis. Artinya melihat masa kadaluarsanya,” ujar Deli di bandara Mopah, Rabu (23/11/2022).

Dijelaskan, permintaan layanan vaksin perhari sekitar 10 orang per harinya calon penumpang yang datang vaksin di klinik bandara dan didominasi bagi penumpang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga pelayanan vaksin itu bagi pekerja atau karyawan yang di sekitar bandara Mopah.

“Jadi biasanya, penumpang  satu atau dua hari sebelum berangkat datang ke klinik KKP menanyakan ketersediaan vaksin,” bebernya.

Mengenai pengawasan bagi para penumpang yang berangkat maupun tiba, kata Deli, dilakukan screening. Bagi mereka yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat dilakukan obervasi di klinik. Dari hasil observasi, bila ada tanda-tanda mengarah ke covid-19, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan membawa langsung ke RSUD guna mendapat penanganan lebih lanjut. 

“Kalau kita melihat penumpang yang lewat dan terpantau di alat screening, semua suhu tubuhnya tidak ada yang diatas 37 derajat celsius,” pungkasnya. ( Ami )




Bagikan :