Sempat Anjlok Bahkan Dikasih Gratis, Harga Tomat di Merauke Melambung

Pedagang Sayur  di pasar Wamanggu Merauke,kamis (24/11/2022). Foto : Ami / Papua60detik
Pedagang Sayur di pasar Wamanggu Merauke,kamis (24/11/2022). Foto : Ami / Papua60detik


Papua60detik- Akibat cuaca yang tidak menentu harga tomat di pasar Wamanggu Merauke, kembali melonjak  naik menjadi Rp.50 .000 / kg. Padahal sebelumnya pada bulan oktober kemarin harga  tomat hanya Rp.2.000 / kg.

Lantaran harga yang sangat rendah mengakibatkan petani tomat mengalami kerugian sehingga lebih memilih untuk mematikan tanaman tomat hingga membagi bagikan secara gratis kepada masyarakat, hal itu mengakibatkan dampak yang besar karena  pada akhir tahun 2022 ini tomat tergolong langkah dan harganya sangat mahal.

Sugiyem salah satu penjual sayur di pasar wamanggu  mengaku harga tomat naik drastis dibandingkan sebelumnya, karena untuk mendapat tomat dari petani sangatlah susah sehingga setiap harinya tomat yang di jual laku keras.

“ Kita harus rebutan di petani untuk dapat tomat, karena biar harga mahal pembali sangat banyak” ujar Sugiyem di Pasar Wamanggu, Kamis (24/11/2022).

Sementara untuk harga sayur- sayuran masih normal, misalnya  harga sayur sawi 7 ribu per ikat , harga kacang panjang 5 ribu perikat , terong 6 ribu perikat dan lombok 25 ribu per kg.

Selain tomat, bawang juga menjadi perhatian khusus karena pembeli lebih berminat untuk membeli bawang merah yang di datangkan dari luar merauke, misalnya bawang merah asal Bima NTB.  Untuk harga bawang merah 45 ribu per KG, bawang merah 35 ribu per KG.

Pedagang  bawang Laode mengaku harga bawang akan naik di akhir bulan bisa mencapai 50 sampai 80 ribu. Bahkan apa bila harga bawang naik pembali lebih banyak dari pada harga barang turun.

“ Saya lebih suka harga bawang naik karena pembeli pasti banyak dan cepat habis” pungkasnya. ( Ami )




Bagikan :