JhG4jlPLiG0
Bandara Mozes Kilangin Dibangun Sebagai Airport City
Bagikan :

Papua60detik - Di wilayah Indonesia bagian Timur, Bandara Mozes Kilangin Timika menjadi yang terbesar kedua setelah Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Dengan total panjang 360 meter dan luas 44.000 meter persegi, Bandara Mozes Kilangin diproyeksi bisa melayani sampai tiga juta penumpang dalam satu tahun.

Susuai standar bandara pada umumnya, Bandara Mozes Kilangin dipastikan ramah terhadap anak, perempuan dan kelompok difabel. Dilengkapi taman bermain dan ruang khusus menyusui.

"Bandara ini juga dibangun sebagai air port city. Artinya apa, nanti di dalam bandara ini orang bisa datang belanja di sini, mau lihat apa saja bisa di sini. Operasi penerbangan bisa selsai di Jam 6 sore katakan, tapi di luar masih bisa sampai jam 10 malam. Orang datang makan malam di sini bisa," kata kata Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Kamis (7/4/2022).

Oleh Kementerian Perhubungan RI, Bandara Mozes Kilangin dijadikan pilot project smart airport yang berarti basis pengoperasiannya menggunakan high technology. (Burhan)


Video Terbaru