eMZV5BftCFQ
Pojok Kopi Papua, Upaya Promosi Nikmatnya Kopi Papua
Bagikan :

Papua60detik - PT Freeport Indonesia dan Pemkab Mimika meresmikan pembukaan Pojok Kopi Papua di Rimba Papua Hotel (RPH), Rabu (27/4/2022) .

Selain di RPH, Pojok Kopi Papua juga dibuka di Bandara Mozes Kilangin, dan secara bertahap di wilayah dan komunitas PTFI termasuk di Jakarta.

Ini proyek promosi, agar kopi Papua dikenal lebih luas baik di Indonesia sampai luar negeri.

Pengusaha kopi, misalnya Maoke Cofee ikut dilibatkan. Kopinya gratis dan dibuka untuk umum. Pengunjung juga bisa meracik kopinya sendiri.

“Jadi ada dua tujuan pertama tadi bantu teman-teman dari petani kopi dari Pemda yang sudah punya program, kemudian yang kedua untuk quality of life dari karyawan kita,” kata Direktur & EVP Social Responsibility & Community Development PTFI, Claus Wamafma.

Selain dipromosikan di Indonesia, PT Freeport kata Claus juga akan mempromosikannya sampai ke kantor PTFI di Amerika.

"Dengan begitu maka kopi Papua khusus Mimika bisa semakin dikenal dan permintaan akan meningkat dan bisa mendorong ekonomi masyarakat petani yang ada di Mimika bahkan Papua secara umum," ucapnya.

Di Mimika, produk kopi unggulannya adalah Amungme Gold. Dikembangkan sejak 1998 di wilayah pegunungan oleh petani binaan PT Freeport Indonesia. Baru di 2014, Pemkab Mimika ikut terlibat. Sampai sekarang sebanyak 154 orang petani yang didampingi.

Kabarnya, permintaan pasar kopi Amungme Gold memang cukup tinggi. Produksi sekarang belum mampu memenuhi permintaan pasar.

Produksinya setahun masih di kisaran 1,7 sampai 2 ton gabah atau setara dengan 1,3 sampai 1,6 ton green. (Anti)


Video Terbaru