HQIvxO97S2M
Cafe Adminduk Disdukcapil Mimika, Semuanya Gratis
Bagikan :

Papua60detik - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (Disdukcapil) Mimika seperti tak pernah kehabisan ide melayani warga.

Teranyar, OPD yang dipimpin Slamet Sutejo ini melaunching Cafe Adminduk di Kompleks Wisata Kuliner Pasar Sentral, Sabtu (4/6/2022) malam.

Seperti cafe lainnya, cafe ini juga menyiapkan beragam menu bagi pelanggan.  Yang membuatnya unik, semua layanan di daftar menunya gratis.

Menu layanan yang disiapkan antara lain, perekaman dan pencetakan eKTP, biodata penduduk, KK, KIA, surat pindah penduduk, akta kelahiran dan kematian serta akta pencatatan sipil lainnya.

"Saya berikan apresiasi luar biasa kepada Dinas Dukcapil. Ini adalah bentuk smart city. Memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Bahkan, ada inovasi Disdukcapil, warga tinggal duduk di rumah bisa terima dokumen kependudukan," kata Wabup, Johannes Rettob

Cafe ini hanya dibuka setiap akhir pekan, Sabtu malam saat Wisata Kuliner paling banyak didatangi warga.

Slamet Sutejo mengungkap, inspirasi Cafe Adminduk ini lahir dari aspirasi masyarakat yang menginginkan pelayanan cepat, mudah dan sederhana mungkin dengan suasana yang tak formal.

"Kalau Senin sampai Jumat, bapak ibu pasti harus mendatangi kantor dinas, distrik, kelurahan atau online. Tapi mulai hari ini, setiap akhir pekan, kami buka di Wisata Kuliner Pasar Sentral," katanya.

Di lingkungan Pemkab Mimika, Disdukcapil jadi OPD paling kreatif dan inovatif. Cafe Adminduk merupakan inovasi ke-15 mereka. (Burhan)


Video Terbaru